Kenapa ingin menjadi blogger?

Sejak tahun 2005 yang lalu saya mulai belajar menulis artikel di blog, saat itu dapat dikatakan tidak memiliki dorongan bahkan tujuan kenapa saya menulis blog, namun satu hal yang membuat saya tertarik untuk memiliki blog yaitu ketika blog kita banyak yang baca, banyak yang ngasih komentar hingga akhirnya banyak kenalan sesama blogger.

Konten blog yang ditulis saat itu kebanyakan membahas dunia IT sesuai dengan pekerjaan saya waktu itu. Sempat menjadi Blog of the day karena ternyata tulisan saya banyak yang membaca hingga akhirnya seorang blogger bertanya pada saya "Kang, blognya udah lama, konten dan ratingnya bagus, sayang sekali yang kang".

Mendapat komentar tersebut sayapun merasa heran kenapa ada yang mengatakan "sayang sekali", setelah membahas kenapa dia mengatakan demikian akhirnya saya baru menyadari bahwa ada yang bisa dihasilkan dari hobi kita menulis blog, kita sebut saja Uang.

Awal memulai menulis blog

Tahun 2009, berdasarkan informasi yang didapat dari hasil googling akhirnya sayapun mencoba mendaftar google Adsense. Alhamdulillah, mungkin saat itu proses nya tidak terlalu rumit seperti sekarang ini. dapat dikatakan saya langsung diterima dan mulai bisa mengumpulkan pundi-pundi dollar.

Karena tidak memahami, sayapun tidak begitu peduli apakah blog tersebut menghasilkan uang atau tidak hingga pada tahun 2011 saya mendapat cek berupa pembayaran hasil dari tayangan iklan di blog saya sebesar $126 USD. Sejak saat itulah saya menyadari bahwa ini nyata... akhirnya sayapun fokus untuk mengelola blog.

Serius ngeblog, menguntungkan

Keseriusan saya dalam mengelola blog dimulai dengan berhentinya saya dari pekerjaan sebelumnya yang saat itu mendapat gaji Rp. 2,5juta/bulan, gaji yang cukup besar saat itu, namun mengingat banyak ulasan yang mengatakan bahwa penghasilan dari blog sangat fantastis akhirnya sayapun memberanikan diri untuk melepaskan pekerjaan itu.

Awalnya saya merasa salah langkah, 3 bulan pertama penghasilan dari blog belum, begitu signifikan, bahkan dapat disebut sangat minim. Namun ternyata keseriusan saya di 3 bulan pertama baru bisa dirasakan dampaknya pada bulan ke empat dan seterusnya.

Hingga akhir 2017 ini, tanpa bermaksud menyombongkan diri, penghasilan terbesar dari blog dalam sebulan setelah di rupiahkan adalah sebesar Rp. 27juta, berkah dari mengelola beberapa blog hosting dan juga self hosted, mungkin ini tidak seberapa jika dibanding blogger kawakan lainnya yang sudah mendapat puluhan ribu dollar perbulannya.

Serius ngeblog, menguntungkan

Mengamalkan blog

Bukan karena merasa diri ini sudah berhasil, sayapun memberitahukan kepada seluruh saudara saya, ponakan bahkan saudara jauh, tetapi... sepertinya mereka tidak begitu tertarik dengan apa yang saya jelaskan, mungkin karena mereka beranggapan bahwa pekerjaannya saat ini jauh lebih terhormat.

Seiring berjalannya waktu, satu persatu mulai tertarik untuk menggeluti dunia Blog, ada yang kalah sebelum bertanding, ada yang penasaran dan ada juga yang ingin serius menggeluti blog dan memiliki penghasilan.

Blogger pemula harus tahu ini

  1. Memiliki blog yang bisa mendatangkan penghasilan tidaklah semudah ngelamar kerja, diterima kerja selanjutnya mendapat gaji setelah sebulan bekerja.
  2. Perlu usaha dan ketekunan selama 3-6 bulan agar bisa mendapat penghasilan secara rutin.
  3. Konten blog harus orisinil dan informatif, tidak boleh copy paste, boleh sama tapi gayanya beda.
Ya, hanya awalnya saja yang memerlukan kerja keras tingkat tinggi sampai blog kita layak di pasangi iklan, setelah itu jika anda ingin istirahat, silahkan karena penghasilan akan bertambah tiap harinya meski anda libur dalam seminggu atau sebulan.

Meski demikian, menelantarkan blog yang sudah memiliki penghasilan tidaklah bagus, karena lambat laun penghasilannyapun akan mengecil, luangkan waktu setidaknya 1-2 jam dalam sehari untuk mengelola blog, menambah konten dan yang lainnya. Atau akan lebih baik jika anda menjadikan Blog sebagai kantor anda dimana jam kerja dimulai pada pukul 9 pagi hingga pukul 4 sore.

Menjadi blogger itu menggiurkan, namun penuh perjuangan pada awalnya.
Semoga memotivasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan sopan meski itu mengkritisi.